Oleh: steveallmighty | 14 Juni 2013

10 Permasalahan iPhone dan Bagaimana Memperbaikinya


10 Permasalahan iPhone dan Bagaimana Memperbaikinya

“iPhone jarang hang dibandingin Android”, itu yang sering orang katakan (atau pastinya para fanboy yang mengatakan). Namun namanya sebuah smartphone yang didalamnya terdapat sebuat sistem operasi tentunya tetap ada saat dimana terjadi masalah, terutama bagi pengguna iPhone baru *ehem yg baru beli iPhone 5*. Nah ada artikel dari PC World yang bisa kami share tentang 10 permasalahan iPhone yang umum terjadi dan bagaimana mengatasinya.

1. iPhone Saya Tidak Mau Mati

Jika iPhone Anda menolak untuk dimatikan, disini tidak ada cara cabut batrai seperti smartphone lainnya kecuali membuka casing belakang dengan obeng. Anda mungkin dapat memaksa untuk mematikan dengan restart sederhana, dengan menekan dan menahan tombol Sleep / Wake (tombol, ramping persegi di sisi kanan atas telepon). Tahan tombol sampai melihat ‘slide to power off’. Setelah telepon dimatikan, Anda dapat menekan tombol Sleep / Wake lagi untuk menyalakannya kembali.

Jika restart sederhana tersebut tidak tidak bekerja, coba reset, yang kira-kira sama dengan me-reboot PC Anda. Untuk mereset iPhone, tekan dan tahan kedua tombol Home (tombol bulat pada wajah iPhone) dan tombol Sleep / Wake pada saat yang sama, terus tahan walau keluar ‘slide to power off’. Setelah itu menghilang, terus memegang kedua tombol sampai Anda melihat ikon Silver Apple. Nah setelah nyala kembali, iPhone Anda dapat dimatikan secara normal.

2. iPhone Saya Tidak Mau Hidup

Jika iPhone Anda menolak untuk dihidupkan, langkah pertama adalah di charge, atau dihubungkan dengan pengisi daya. Lalu, tunggu beberapa saat, dan mencoba untuk menyalakannya lagi. Jika layar ponsel akan menampilkan gambar ini, Anda akan tahu itu bahwa pengisian sedang berjalan:

Perhatikan bahwa jika iPhone Anda sangat rendah daya, layar seperti tadi mungkin memakan waktu beberapa menit untuk muncul. Jika bagian merah dari gambar baterai berkedip tiga kali dan kemudian muncul layar hitam, iPhone Anda tidak melakukan pengisian. Jika iPhone Anda masih tidak akan menyala, terdapat masalah pada baterai, selanjutnya bisa dibaca.

3. iPhone Saya Tidak Mau Mengisi Daya

Jika iPhone Anda tidak mau mengisi daya sama sekali, hubungkan ke komputer Anda melalui USB, dan lihat apakah bisa mengisi daya. Jangan menggunakan port USB pada keyboard atau monitor, selalu menggunakan port USB yang ada di komputer, karena terdapat perbedaan daya untuk mengisi.

Jika iPhone Anda bisa mengisi dengan cara ini tetapi selalu habis daya dengan sangat cepat, Anda dapat menggunakan iTunes untuk memeriksa versi yang lebih baru dari perangkat lunak iOS. Memperbarui perangkat lunak dapat memperbaiki berbagai masalah.

Jika itu tidak berhasil, cobalah menyesuaikan beberapa pengaturan pada iPhone Anda untuk menghemat batrai. Mematikan Bluetooth, pengaturan telepon untuk memeriksa e-mail lebih jarang, dan mematikan kemampuan telepon untuk mencari dan menyarankan jaringan Wi-Fi baru, hal tersebut bisa menghemat batrai.

Kadang segala setting itu tidak membantu dan batrai iPhone Anda tetap boros. Jika itu terjadi pada Anda, untuk memperbaikinya adalah restore iPhone Anda di iTunes.

Selama proses pemulihan, Anda akan memiliki dua pilihan: restore iPhone Anda dari cadangan (backup), atau memasangnya sebagai iPhone baru. Untuk benar-benar menghilangkan masalah, Anda harus mengatur perangkat sebagai sebuah iPhone baru sehingga Anda tidak mengembalikan pengaturan bermasalah kembali ke handset. *PENTING* Pastikan untuk sync telepon ke iTunes sebelum Anda mengembalikannya agar tidak kehilangan musik, film, atau aplikasi pada perangkat Anda.

Jika restore iPhone Anda tidak memperbaikinya, atau jika Anda tidak dapat mengisi daya sama sekali, Anda mungkin perlu datang ke toko Apple untuk perbaikan. Paling tidak Anda sudah usaha )

4. iPhone Saya Tidak Mau Sambung ke Internet

Jika iPhone Anda gagal untuk terhubung ke Internet melalui jaringan data selular Anda, coba reset ponsel. Tekan dan tahan kedua tombol Home dan tombol Sleep / Wake pada saat yang sama, dan tetep menahan bila ada pilihan ‘slide to power off’. Setelah itu menghilang, Anda akan melihat ikon Silver Apple, dan ponsel anda akan hidup kembali.

Jika itu tidak memecahkan masalah koneksi, coba ulang pengaturan jaringan iPhone. Pergi ke Pengaturan, Umum , ulang , dan kemudian pilih Reset-Network Setting. Perhatikan bahwa Anda mungkin perlu masuk kembali password jaringan apapun yang Anda telah disimpan dalam telepon. Jika itu masih tidak memperbaiki masalah Anda, Anda mungkin perlu menghubungi operator selular. Jadi kemungkinan kesalah bukan pada iPhone Anda

5. iPhone Saya Tidak Mau Connect ke Wifi/Hotspot

Jika iPhone Anda terhubung ke jaringan data seluler Anda, tetapi tidak untuk setiap jaringan Wi-Fi, Anda dapat mencoba ulang telepon dan pengaturan jaringan, seperti dijelaskan di atas. Anda juga dapat mencoba menghubungkan iPhone ke iTunes dan memperbarui perangkat lunak, atau restore iPhone.

Jika iPhone Anda mengalami kesulitan menghubungkan ke satu jaringan Wi-Fi tertentu, coba memaksa ponsel untuk “lupa” terhadap jaringan tertentu tersebut. Pergi ke Pengaturan, Wi-Fi . Sentuh panah kanan menunjuk di samping nama jaringan, dan pada layar berikutnya pilih Forget this Network.

Kemudian, reset ponsel, cari jaringan lagi, dan menambahkannya kembali. Pastikan bahwa Anda telah memasukkan password Wi-Fi yang benar, dan reset router nirkabel Anda jika perlu.

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa kemampuan Bluetooth iPhone mengganggu radio Wi-Fi, jadi matikan Bluetooth bila itu menyelesaikan masalah. Jika tetap tidak berhasil bawa iPhone Anda ke toko Apple untuk perbaikan karena rusaknya antena Wi-Fi

6. Kemera iPhone Saya TIdak Bekerja

Apple menawarkan beberapa saran untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pertama, ia mengatakan untuk memverifikasi bahwa Anda belum menghidupkan restrictions. Anda dapat menemukan restrictions dengan pergi ke Settings, General, Restrictions . Sesampai di sana, pastikan bahwa opsi kamera diatur ke On . Anda juga dapat tap Disable Restrictions .

Selain itu, Apple menyarankan menyalakan telepon dan mematikan, jika itu tidak berhasil, coba reset (tahan tombol Home dan Sleep / Wake) sampai Anda melihat Silver Apple ikon, dan kemudian membiarkan ponsel restart). Perbaikan disarankan lainnya termasuk memperbarui perangkat lunak iOS dan restore iPhone melalui iTunes. Jika Anda memilih yang terakhir, jangan lupa untuk memilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai sebuah iPhone baru sehingga Anda tidak mengembalikan pengaturan sulit untuk telepon.(Dan ingat untuk melakukan sinkronisasi sebelum Anda melakukan hal ini, seperti musik, film, dan aplikasi pada ponsel akan dihapus.)

Jika tidak ada perbaikan yang bekerja, Anda mungkin harus mengambil iPhone ke toko Apple untuk perbaikan. Pengguna umumnya melaporkan keberhasilan ketika mereka telah melakukan ini.

7. Home Button iPhone saya Tidak Bekerja

Tombol Home iPhone diperlukan untuk reboot atau me-reset telepon, keduanya merupakan perbaikan yang cepat dan mudah untuk masalah iPhone. Tapi apa yang Anda lakukan ketika tombol Home iPhone Anda tidak bekerja? Dua saran umum adalah untuk memperbarui perangkat lunak iOS atau untuk restore iPhone melalui iTunes. 

Jika Anda restore, pilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai sebuah iPhone baru, sehingga Anda tidak mengembalikan pengaturan bermasalah ke ponsel. (Dan pastikan untuk sync terlebih dahulu) Perbaikan ini dapat mengatasi gangguan perangkat lunak yang dapat menyebabkan masalah Anda, tapi masalah dengan tombol Home bisa hanya mungkin merupakan hasil dari masalah hardware.

Jika Anda menduga bahwa perangkat keras adalah pelakunya, dan telepon Anda masih dalam garansi (atau jika Anda tidak keberatan membayar untuk perbaikan), melakukan perjalanan ke toko Apple, di mana mereka dapat membantu Anda menentukan penyebab masalah.

Jika Anda sangat menantang, Anda bisa mencoba untuk membongkar iPhone Anda dan menginstal tombol Home baru sendiri. iPhone Anda mungkin juga perlu konektor baru untuk tombol Home. Anda dapat menemukan orang-orang yang menjual tombol dan kabel online, tapi tentu saja, garansi bisa hilang.

Ada cara lain yaitu melakukan mengencangkan kembali posisi dari tombol Home itu *kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan lanjut*.  Pasang kabel USB ke iPhone Anda. Kemudian, tekan perlahan *ingat perlahan, jangan keras-keras* pada konektor 30-pin, sehingga mendorong di belakang tombol home. Sementara Anda menekan ke atas, klik tombol home. Lepaskan kabel, dan melihat apakah memecahkan masalah masalah.

8. Layar iPhone Saya Tidak Merespon Sentuhan

Jika layar sentuh iPhone Anda tidak merespons, menonaktifkan ponsel dan kemudian kembali. Jika itu tidak berhasil, ulang.  Kami tahu ini diulang-ulang, tetapi kedua langkah benar-benar dapat memecahkan berbagai masalah iPhone. Jika mereka tidak memperbaiki masalah Anda, Anda akan ingin memperbarui perangkat lunak iOS di iTunes, dan kemudian Anda dapat mencoba restore di iTunes, pilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai sebuah iPhone baru sehingga Anda tidak mengembalikan pengaturan buruk untuk telepon, dan ingat untuk melakukan sinkronisasi terlebih dahulu.

Jika layar tersebut masih tidak bekerja, masalahnya mungkin dengan perangkat keras, bukan perangkat lunak iPhone. Jika Anda menjatuhkan iPhone Anda, bagian dalam konektor mungkin perlu diperbaiki atau reseated. Anda dapat menemukan petunjuk tentang cara untuk melakukan itu secara online, tetapi memperingatkan bahwa prosedur mengharuskan Anda untuk membuka iPhone Anda dan menggali sekitar di dalam. Jika iPhone Anda masih dalam garansi, Anda tentu lebih baik membawanya ke sebuah toko Apple sebagai gantinya.

9. Layar iPhone Saya Pecah *duh*

Layar retak adalah kutukan keberadaan pemilik iPhone – dan sayangnya, itu adalah sesuatu yang tampaknya menjadi lebih umum pada iPhone 4/4S yang banyak dengan bahan kaca. Pilihan pertama Anda adalah i toko lokal Apple untuk melihat apakah mereka bisa memperbaikinya. Dalam beberapa kasus mereka dapat memperbaiki layar sementara Anda menunggu – dan tergantung pada penyebab kerusakan, garansi dapat mencakup layanan tersebut. Perlu diingat, meskipun, bahwa Apple tidak mencakup kerusakan akibat kecelakaan atau penyalahgunaan, perusahaan yang mengklaim dapat menyebabkan layar retak. Anda mungkin harus membayar untuk perbaikan.

Atau, Anda dapat mencoba memperbaiki layar sendiri, jika Anda berani. Cari  ”mengganti layar iPhone,” dan Anda akan menemukan banyak pilihan.

10. iPhone Saya Bermasalah dengan iOS Baru

Menjalankan OS baru akan memberikan Anda banyak fitur yang ditemukan pada iPhone terbaru, dan Anda tidak akan harus berurusan dengan masalah-masalah yang telah terjadi. Tapi begitu Anda upgrade, mungkin Anda menemukan bahwa menjalankan iOS baru pada iPhone Anda tidak memuaskan Anda, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna melaporkan bahwa OS baru menyebabkan iPhone berjalan lambat dan reboot secara acak, dan bahwa hal itu menyebabkan sejumlah masalah lain.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan? Pertama, menunggu update iOS ke versi terbaru. Jika pembaruan tidak membantu, coba perbaikan berikut.

Untuk mempercepat kinerja iPhone Anda, menonaktifkan fitur pencarian spotlight. Pergi ke Pengaturan, Umum . Dari sana, pilih Home Button , pilih Pencarian Spotlight , dan menonaktifkan setiap item dengan menekan di atasnya. Keluar dari menu Pengaturan.

Pilihan lainnya adalah mengembalikan iPhone Anda di iTunes. Pastikan untuk memilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai sebuah iPhone baru sehingga Anda tidak mengembalikan pengaturan buruk untuk telepon. (Dan ingat untuk melakukan sinkronisasi sebelum Anda melakukan hal ini, karena segala sesuatu di telepon akan dihapus.)

Jika ada yang lain bekerja, Anda mungkin terpaksa downgrade ke versi iOS. Itu akan berarti kehilangan keluar pada fitur baru. Ini adalah usaha yang rumit. Lifehacker dan iPhoneHacks.com keduanya menawarkan walk-through, namun perlu diingat bahwa Anda dapat lebih memperburuk iPhone Anda. Namun, jika perangkat lunak baru terlalu bermasalah, upaya tersebut pasti membantu.

Akhir kata, pesan, saran, kritik dipersilahkan 

Posted from WordPress for BlackBerry.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: